Rinjaniku


Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Maka jangan heran jika Gunung ini tak pernah sepi dari penikmat Gunung, termasuk aku yang kebetulan sempat berdomisili di Pulau Lombok ini.

Gunung Rinjani menyediakan dua rute pendakian, yakni Via Sembalun dan Via Senaru. aku sih milih Via sembalun..sebab ada banyak bonus walau akan bertemu dan dihadapkan tujuh bukit penyesalan yang benar-benar akan menguji mentah 😆. 

Perjalanan yang jauh benar-benar membuatku putus asa karena kebetulan ini adalah pendakian pertamaku di Rinjani tahun 2012. Saya bersyukur Punya Team yang Hebat yang selalu memberi support Hinga bisa sampai di camp Plawangan.

Sesampai di Plawangan, yaitu camp terakhir sebelum menuju Puncak. Kalian akan bertemu dengan kera-kera yang super nakal, mereka dengan kelihaiannya akan mencuri makanan yang kalian bawa, so keep watching yah 🤟

Saya start Pukul 3 pagi untuk menuju Puncak Rinjani dan sampai di puncak pukul 6.30 sedikit telat karena sempat muntah-muntah selama perjalanan menuju puncak 😭😭. Setelah sampai di Puncak Rinjani, saya cuman bisa terdiam, terharu betapa Indahnya ciptaan Tuhan Yang Maha Esa , begitu hebatnya Tuhan menciptakan keindahan yang tersaji depan mataku. Rinjani sungguh Indah, sungguh dan benar-benar indah.

           Foto bersama seniorku bang Cacing



Nah setelah muncak saatnya turun ke plawangan lalu berkemas dan turun ke danau yeayy...ohya danau segara anak tingginya 2010 Mpdl dan merupakan danau tertinggi di Indonesia. 

Danau segara Anak mempunyai pemandangan yang unik di sekitarnya. Kalau kita tengah berdiri di tepi danau segera arahkan pandangan ke salah satu sudut yang unik. Keunikan tersebut terletak pada sebuah gunung berapi yang masih aktif, yaitu Gunung Barujari,

Gunung Barujari berada tepat di salah satu sisi danau Segara Anak. Jika kalian sudah sampai puncak Rinjani, kalian akan melihat secara keseluruhan Gunung Barujari yang berdiri tepat di sisi Segara Anak, ah jadi rindu.

Ohya di danau ni boleh mancing loh, ikannya buanyak banget, seru deh pokoknyaSetelah memancing, kegiatan yang tak kalah istimewa adalah bakar ikan. Proses memasak dengan dibakar atau digoreng tentu saja terserah pada keinginan masing-masing. Tapi, dengan cara membakar menjadi lebih nikmat bagi saya. Cukup dengan mengumpulkan kayu bakar yang banyak tersedia di sana, sedikit spirtus atau minyak tanah, dan tentu saja korek api, ikan yang sudah ditusuk dengan kayu siap dibakar.

Nah paling pas kalo habiskan 2 malam disini biar puas mancing ditambah ada pemandian ari panas loh disekitar danau namanya Aik Kalak yang berarti air mendidih adalah sumber air panas yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai tempat pemandian dari Jayengrana. Jayengrana sendiri merupakan tokoh utama dari pewayangan yang populer dikenal dikalangan Gumi Sasak.

Rinjani keren, rinjani bikin rindu ❤