LIBURAN KE SINGAPURA TAPI LOW BUDGET? BISA DONG!

Jika kalian ingin berlibur keluar negeri tanpa ribet ngurus visa, kuy ke singapura, yah karena asean masih bebas visa jadi ngk ribet-ribet amat. Nah selain karena jaraknya yang dekat, negeri Singa ini juga terkenal dengan banyak hal seperti budaya dan makanan lokal yang beragam dan pusat belanja di mana-mana!  

Namun bagi para traveller yang punya budget pas-pasan, satu hal yang kadang menjadi ganjalan saat berlibur ke Singapura, yaitu biaya yang selangit. Apalagi nilai tukar mata uang Singapura terhitung tinggi dibanding mata uang Indonesia. Dan kalau kamu berniat ke Universal Studio Singapura atau Adventure Cove Waterpark, harus menyiapkan uang lebih banyak. 

Buat kalian para traveller yang budgetnya terbatas, tenang saja, saya punya beberapa tips irit yang bisa dicoba.

1. CARI TIKET PROMO

Nah yang ini ngk susah kok, hehe, nyari tiket promo itu ngk sesulit yang dipikirkan kok. Nah tapi ada hal yang harus diperhatikan seperti memperhatikan maskapai yang dipilih, periode perjalanan, juga hari pergi dan pulang Anda, tanggal keberangkatan Anda dan pelajari tren promo maskapai seperti tiket promo biasanya dibeli jauh jauh hari. Bisa setahun sebelum, ataupun enam bulan sebelum. Bisa 3 bulan sebelum. Beda airlines beda strategi dan tiket promo biasanya ada di low season atau weekday (hari biasa). Percaya ngk, temen saya kemarin dari surabaya ke singapore hanya 350 ribu, karena mereka membeli tiket promo.


2. JANGAN MENGINAP DI HOTEL MAHAL


Di Singapura ada banyak banget hotel dan losmen yang terjangkau, loh. Letaknya juga di tempat-tempat yang ramai dan populer di kalangan turis, seperti Kampong Glam-Bugis dan area Clark Quay. Semuanya dengan budget di bawah IDR1,043,469.23/malam, ohya semua harga yang tercantum adalah biaya menginap 1 malam untuk 1 wisatawan dan satu keluarga (2 dewasa, 2 anak-anak usia maksimal 6 tahun) dalam 2 bulan ke depan. Harganya sangat bervariasi dan mungkin bisa jadi lebih murah dari yang saya tulis di sini. Saya sarankan untuk selalu mengeceknya dahulu di Agoda atau langsung tanya ke pihak penginapannya. Kamu bisa bertanya lebih lengkap dan mengajukan permintaan khusus, pastikan juga memesan lebih awal untuk mendapatkan penawaran harga yang lebih ekonomis. Hotel cantik dan minimalis ini terletak di Bussorah Street, tepat di depan Masjid Sultan yang ikonik. Cube Boutique Capsul Hotel memanfaatkan bekas toko yang sudah dipugar, karena itu kapasitasnya tidak terlalu besar. Ada kamar tipe Single Capsules, Premium Queen (untuk 2 orang) dan kamar khusus perempuan di tipe asrama dan punya fasilitas wi-fi gratis, brankas pribadi dan tempat penyimpanan barang. Kalau kamu mencari tempat menginap yang murah, nyaman dan dekat dengan lokasi wisata, maka hotel ini pas banget! 

3. CERDAS MEMILIH TRANSPORTASI

Gunakan MRT yah sebagai alat transportasi,selain karena lumayan murah dibanding taxi bisa habis 150-350 ribuan sekali jalan karena MRT singapura juga termasuk MRT dengan sistem terbaik didunia jadi jelas jalurnya ngk bikin bingung. Biaya perjalanan berkeliling Singapura dengan naik MRT itu adalah sekitar SGD 0.78 – SGD 2.28 jika menggunakan EZ Link Card.

Jika kalia nggak terlalu banyak menggunakan MRT, sebaiknya menggunakan EZ Link Card saja. Tetapi jika kalian ingin menjelajah Singapura luar dalam dengan MRT, sebaiknya membeli Singapore Tourist Pass saja. Karena dengan cara itu kalian bisa banyak berhemat biaya transportasi.

4. FOOD COURT & CICIPI JAJANAN LOKAL

Mau liburan murah di Singapura boleh, tapi jangan sampai kelaparan ya! Tenang saja, meski Singapura ini dibilang negara mahal, untuk urusan makan memakan hahah harga makanan disini berkisar antara SGD 2-SGD 10 untuk harga makanan di foodcourt. Jangan tanya kalau di restaurant, bisa habis 200-500 ribuan loh sekali makan.

Tips menemukan makanan murah dan enak di Singapura adalah dengan makan di food court yang banyak bertebaran. Biasanya makanan India adalah pemegang rekor dengan harga termurah hahaha. Kalau beruntung kalian bisa mencicipi Masala dengan harga SGD 2 atau kurang dari 20 ribu rupiah dengan porsi yang besar, Nah cicipi juga Nasi Lemak yang masih bisa dijangkau dengan harga 3-5 dollar.

Ohya buat kalian yang Muslim jangan khawatir disini masih banyak makanan halal. Sebab penduduk Singapore itu sebagian adalah melayu.


5. CARI TEMPAT WISATA GRATIS


Selain Universal Studio dan Singapore Zoo yang tiket masuknya mahal, Singapura punya banyak banget tempat wisata gratis yang enggak kalah seru! Ini dia beberapa di antaranya:

Patung Singa, Untuk yang baru pertama kali ke Singapura, wajib dong untuk berkunjung ke patung setengah singa dan setengah mermaid, Kata orang-orang mah jangan ngaku ke singapore kalau belum kesini hahaha, selanjutnya Garden By The Bay juga salah satu must visit places di Singapura. Perpaduan warisan budaya dengan desain futuristik membuat tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan sejak dibuka. Meskipun untuk menikmati atraksi utama di sini kamu harus membeli tiket, ada banyak tempat yang bisa dilihat secara gratis!  dan masih banyak lagi seperti sentosa, henderson waves dll.

Nah dibawah ini beberapa dokumentasi tempat wisata gratis di Singapura















6. BAWA BEKAL 🤣

Nah jangan salah tips terakhir ini sangat membantu, terlebih pengalaman melihat teman-temanku yang berlibur kesini, mereka pada bawa bekal, seperti; snack, ikan kering tempe, abon bahkan ada ikan teri goreng 🤣, dll.
Nah aku rekomendasiin abon karena abon merupakan makanan klasik yang biasa dibawa traveler ke luar negeri. Abon tidak perlu dipanaskan karena sifatnya kering dan cukup tahan lama. Abon makanan untuk dibawa travelling karena sangat ringan dan rasanya enak. Jenis-jenis abon ada banyak macamnya. Ada abon daging ayam dan ada juga abon sapi. Tinggal pilih sesuai selera aja guys, nah menurutku makanan selanjutnya yah tumis ikan kering tempe yah karena enak sekali dimakan bersama nasi hangat terlebih bagi kalian yang tidak terlalu suka dengan makanan-makanan asing, bawalah kering tempe kacang ini untuk perjalanan anda selama di luar negeri, tapi jangan khawatir Singapore banyak kok menyediakan menu seperti ini, namun jika bisa bawa bekal dari indonesia demi menghemat biaya, why not!.



Nah terakhir gue mau share, buat kalian yang mau liburan ke Singapore setelah pandemi ni berakhir (Aamin) saya sarankan jangan berlama-lama. Waktu 3-4 hari juga sudah lebih dari cukup untuk mengunjungi tempat-tempat yang terkenal di Singapura seperti Merlion Park, Orchard Road, Singapore River, Sentosa Island, Singapore Flyer, dan Bugis Street. Mengapa jangan berlama-lama berlibur di Singapura karena bisa membosankan juga kan negara kecil destinasinya itu itu aja, terlebih singapore itu terkenal super duper mahal. Oh ya jangan heran kalau sebagian petugas-petugas disini tuh rada2 jutek, emang udah gitu yah.

Semoga kelak yang belum ke Singapore, setelah membaca tulisan ini segera terpenuhi bucketlListnya yah 🥰.