TENTANG RELATIONSHIP DENGAN DIRI SENDIRI.

Sering Lupa memperbaiki relationship dengan diri sendiri? Yah akupun begitu, mungkin ditiga tahun terakhir ini aku mulai sadar segitu pentingnya memperbaiki hubungan antara aku ke aku (telat banget aku guys haha). Terdengar aneh memang, tapi menurutku hal terpenting setelah relationship ke Tuhan yah relationship dengan diri sendiri.

Ternyata aku sering lupa memulai hubungan dengan diri sendiri sebelum mengenal orang lain. Pengenalan diri sendiri ini lebih sering kita sebut dengan self-love. Karena mengenal diri kita sendiri juga sangat berdampak pada hubungan yang kita miliki dengan sekitar, seperti keluarga, teman, dan pasangan hidup. Nah yang ini aku rasain banget sebelum tiga tahun terakhir ini, aku terlalu fokus bahkan over keorang lain tanpa menyadari bahwa kebahagiaan diri sendiri itu amat sangat penting sebelum kita membahagiakan orang lain.

Tentang seberapa besar kita mencintai entah itu orangtua, pasangan, sahabat bahkan pekerjaan kita. Tapi sudah pernahkah kita bertanya seberapa besar kita mencintai diri kita sendiri? Atau kita justru terlalu malu untuk menanyakannya karena takut dianggap egois?

Mencintai diri sendiri disebut bisa membantu menjaga kesehatan mental kita loh apalagi ditengah-tengah padatnya kerjaan dan tugas-tugas membuat kita rentan mengalami kelelahan secara fisik maupun mental. Kondisi ini sering berujung pada masalah kesehatan mental, misalnya stres, depresi, serta kehilangan semangat untuk menjalani hidup. Dan semua masalah tersebut nyatanya bisa diminimalisir dengan menerima dan mencintai diri sendiri. Mementingkan kebahagiaan diri bukan merupakan hal yang salahkan?! Sebab dengan kita menerima diri sendiri dan mencintai diri kita apa adanya, maka banyak manfaat yang bisa didapatkan, energy positivenya lebih kerasa.

Self-love, atau mencintai diri sendiri memang seringkali dianggap sama seperti egois, eitss jangan dulu, you know ! SelfLove is not Selfish.

Melansir Psychology Today, mencintai diri bukan sebatas mengenakan pakaian terbaik, merawat diri, atau lebih mementingkan diri sendiri ketimbang orang lain. Lebih dari itu, Self-love adalah mencintai diri sendiri dengan melibatkan aspek menyadari diri sendiri, menghargai diri sendiri, percaya diri, dan peduli pada diri sendiri.

Menurut sumber yang aku  baca dari https://psychology.binus.ac.id/2020/02/27/4-aspek-self-love/ ada 4 aspek Self-Love itu sendiri yakni:

1.Self-awareness

Self-awareness merupakan kesadaran diri seseorang akan proses berpikirnya. Proses berpikir yang dimaksud disini yaitu pikiran yang dimiliki individu, bagaimana pikiran tersebut mempengaruhi individu, dan bagaimana pengaruh emosi terhadap tindakan individu. Kesadaran diri yang baik dapat membantu untuk mengetahui bagaimana cara menanggapi berbagai macam hal maupun situasi secara efektif. Dengan begitu, individu dapat terhindar dari situasi yang menurutnya kurang nyaman. Satu tips yang dapat dilikakukan untuk meningkatkan self-awareness: membuat catatan harian mengenai pikiran, emosi, dan tindakan yang dilakukan

2. Self-worth

Self-worth adalah keyakinan yang dimiliki seseorang mengenai dirinya. Self-worth yaitu ketika seseorang menyadari bahwa dirinya berharga terlepas dari pencapaian atau kualitas yang dimilikinya. Seseorang tidak perlu memenuhi kriteria maupun melakukan suatu hal tertentu untuk merasa berharga.

3. Self-esteem

Berbeda dengan self-worth, self-esteem lebih terikat pada kualitas dan pencapaian yang dimiliki individu. Self-esteem yaitu dimana individu merasa puas dan nyaman dengan siapa ia sebenarnya, dimana ia berada, hingga hal-hal yang dimilikinya. Self-esteem seseorang dapat meningkat jika ia memiliki tingkat self-worth yang baik.

4. Self-care

Self-care merupakan tindakan yang dilakukan seseorang untuk menjaga kesehatan dirinya. Individu dapat melakukan hal-hal yang ia sukai untuk menjaga kesehatan dirinya. Dimulai dari mendengarkan musik, menonton film, menghabiskan waktu bersama orang-orang yang membuatnya nyaman, dan masih banyak lagi.

Nah dari keempat aspek diatas sudahkah kita mengaplikasikannya dalam hidup kita? Aku sih masih on process hehe, pelan-pelan saja sebab memperbaiki relation dengan diri sendiri itu juga butuh waktu, ditambah kita yang baru-baru mengaplikasikanya alias baru move on dari sesuatu yang amburadul haha



Oh ya jangan lupa juga untuk "me time" yang cukup. Seperti melakukan hobby yang kita suka, misalnya mulai menulis kembali, menikmati makanan sendiri di restaurant, berenang, naik gunung,  atau sekedar menikmati view kota ditengah hujan deras bisa juga loh menenangkan hati dan perasaan kita dan masih banyak hobby kece kita yang bisa jadi karena selama ini kita terlalu sibuk membebani diri kita dengan keputusan-keputusan orang lain atas keputusan kita yang membuat kita tidak fokus menjalani hobby yang kita sukai yang pastinya  cara-cara ini mampu mengembalikan energi-energi yang sudah lama hilang.

Yuk memulai self-love demi hubungan yang lebih baik.  Yah didengar memang klise, tapi percayalah cintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain itu sangat penting.