Pesona Supertree Grove Bak Negeri Dongeng

Berwisata ke Singapura tapi tidak menginjakkan kaki di Garden By The Bay, uh seperti ada yang kurang dong dalam wisata kamu. Taman ini sudah banyak menjadi tujuan utama para pelancong yang datang ke negeri singa putih ini, keindahannya sudah jelas menjadi magnet utama bagi para wisatawan.


Dibangun di atas tanah yang direklamasi dari laut, Gardens by the Bay dibuka pada bulan Juni tahun 2012, yah sudah hampir sembilan tahun usia taman ini.


Tempat ini dibangun oleh sebuah tim yang gak main-main.  Dari official website mereka dan brosur yang saya baca bahwa Garden By The Bay adalah hasil karya para ahli dibidang landscape (pemandangan) / skilled landscape designers (perancang pembangunan pemandangan yang terlatih), Horticulturists(ahli perkebunan), Arborists (ahli dibidang perawatan tanaman/tree nursery), Engineers(sarjana di bidang teknik) yang tentunya berperan penting pada rancang bangun, Plant Health (petugas penjaga kesehatan tanaman), Garden & Turf Management Experts (ahli di bidang pertamanan dan pengaturan lahan gambut atau rumput), Plant Research(peneliti di bidang tanaman), dan Orchid Breeding Professional (petugas profesional dibidang tumbuh kembang tanaman anggrek).  Sungguh sebuah proyek yang dibangun, dipelihara, dan dikembangkan oleh orang-orang yang memang ahli dibidangnya masing-masing.

Terdapat 1,5 juta jenis tanaman, luas taman ini 110 hektar di dalam distrik Marina Bay di Central Region Singapura, berdekatan dengan Marina Reservoir. Taman ini terdiri dari tiga taman tepi laut: Bay South Garden, Bay East Garden dan Bay Central Garden.


Ada banyak keindahan yang disugukan di taman ini, seperti Cloud Forest, Flower Dome, Supertree Grove, Ocbc Skyway dll. Kali ini saya akan lebih specific membahas tentang keindahan Supertree Grove

 
Pesona Supertree Grove dimalam hari

Rute Menuju Garden By The Bay

Bagi kalian yang ingin berwisata ke tempat ini dengan menghemat Budget, kalian bisa menggunakan transportasi MRT (jauh banget murahnya dibanding Taxi), tenang aja sebab tidak susah kok untuk menemukan tempat wisata ini. Nah jika sudah sampai di stasiun MRT terdekat, yaitu Bayfront, keluarlah melalui pintu B. Namun, jika kalian sudah berada di sekitar Marina Bay, kalian tinggal jalan kaki melalui Helix Bridge ke arah ArtScience Museum. Ikuti jalur pejalan kaki yang ada di sepanjang Waterfront hingga akhirnya sampai pada pintu masuk Gardens by the Bay


Bayfront Mrt Station

Supertree Grove

Sebenanrya ada banyak informasi yang bisa kita dapat baik itu dari official website, papan informasi, maupun brosurnya, nah aku akan akan share beberapa informasi penting mengenai Supertree Grove yang keindahan dan pesonanya itu bak dinegeri dongeng.


Well. Supertree Grove adalah struktur buatan yang dibangun menyerupai pohon, terdapat total 12 Supertree. Tinggi struktur ini bervariasi dari mulai 25 meter hingga 50 meter. Batang tebal Supertree merupakan rumah bagi 162,900 lebih tumbuh-tumbuhan. Kantong-kantong yang diisi tanaman pakis, tanaman merambat, bromeliad, dan sejumlah anggrek tumbuh di batang Supertree. Tanaman-tanaman ini menutup struktur besi Supertree. 


Ohya Bagian teratas Supertree memiliki sel photovoltaic yang dapat memanfaatkan energi surya. Fungsi sel ini yaitu untuk menyerap dan memancarkan lagi energi matahari tersebut untuk digunakan tumbuhan dalam berfotosintesis. Energi ini juga digunakan untuk pertunjukan malam di Supertree Grove dan juga untuk mengaliri udara sejuk di sekitar konservasi Flower Dome dan Cloud Forest. Bukan hanya itu, bagian atas Supertree ini juga memiliki peran hebat. Bagian tersebut digunakan untuk menampung air hujan yang dimanfaatkan untuk irigasi dan juga mengaliri air mancur di lokasi tersebut. Fungsi Supertree dalam membantu fotosintesis, mengaliri udara sejuk, dan penyimpanan air hujan semakin menjadikannya pohon sungguhan.


Supertree Grove akan semakin indah jika dinikmati saat malam hari, pesona lampu-lampu cantik yang menyelimuti, tentunya akan semakin mempercantik tempat ini, berikut ini beberapa foto yang sempat terabadikan saat berkunjung kesana. 







Wah benar-benar bak dinegeri dongeng, sangat cantik, nah waktu yang tepat jika ingin melihat keindahan seperti foto-foto diatas itu sekittar jam 7.30 malam, sebab diwaktu itu kita bisa melihat pemandangan lampu-lampu dari Supertree Groove mulai menyala, kilau lampu nya membuat area ini menjadi megah. Selain pemandangannya yang spektakuler, kita juga dipersembahkan sebuah pertunjukan yang memanjakan mata di Supertree Grove. Pertunjukan lampu ini dinamakan Garden Rhapsody. Sebuah Show yang berdurasi 15 Menit ini, membuat kita terpana, tersihir, dan terhanyut dengan permainan cahaya lampu yang mempesona.



OCBC Skyway


Dua minggu lalu saya berkesempatan lagi ke OCBC Skyway, tempat ini juga termasuk salah satu aktivitas paling seru yang harus dicoba diarea Supertree Grove.


Jembatan yang berbentuk setengah melingkar ini membangun 2 buah lift di 2 tiang yang berbeda.  Satu khusus untuk masuk, sementara satu lagi khusus untuk keluar. Tampak tangan-tangan (tali) dari baja yang menjamin bahwa jembatan ini sangat kokoh dan begitu memperdulikan keselamatan pengunjung. Hanya mengijinkan waktu kunjung 15menit/orang, aku melihat beberapa petugas yang sangat cermat menghitung jumlah manusia yang sedang berada di atas. Alasan keselamatan sepertinya sangat dijaga. Begitupun ketika cuaca sedang tidak bersahabat.  Membaca petunjuk yang dipasang di dekat loket penjualan tiket, skyway ini akan ditutup jika cuaca memburuk, seperti hujan deras, kilat menyambar, dan hujan yang deras.Membayar biaya masuk sebesar S$ 8/orang, aku merasakan sensasi tersendiri ketika berada di wahana ini. Dengan konsep taman yang dipegang teguh, aku bisa melihat hamparan kekayaan flora yang sangat luas dan terpelihara. Terus terang aku kehabisan kata-kata untuk menguraikan kekagumanku.  Tapi biarlah foto-foto berikut yang mewakilinya ya.







Ohya, untuk memasuki area Supertree Grove ini, anda tidak dipungut biaya jika hari biasa, terkecuali ada event tertentu, seperti Hari Natal, Tahun Baru dll, sedangkan untuk menaiki OCBC Skyway itu dipungut $8 atau sekitar Rp 85.000 .


Saya mulai lebih rajin lagi mengunjungi beberapa tempat disini, sebab ini tahun terakhir saya tinggal di Singapore, ah Singapore banyak banget jasanya dalam hidup gue, Tuhan baik banget ngasih kesempatan gue bisa kesini. Semoga setelah pulang kelak,  Next Journeyku akan lebih seru lagi. Amin