Yuk Bawa Bekal Air Minum

Ditiga tahun terakhir, atau lebih tepatnya semenjak tinggal di Singapura, saya menerapkan habit baru yaitu selalu membawa botol minum sendiri saat bepergian, mungkin terkesan berlebihan tulisan ini, namun tidak untuk saya yang sebelumnya penghasil sampah plastik, uh jadi sedih dan merasa bersalah. Sebenarnya habit ini muncul karena kebetulan semata, soalnya di Singapore itu, air minum mineral mahal 😭, dari awalnya habit kebetulan dan keterpaksaan hehehe, sejak saat itu jadilah mulai konsen dan peduli terhadap sampah, atau dengan kata lain hal apa saja sih yang bisa aku lakukan untuk bumi ini. 


Botol Kesayangku

Well, Indonesia memiliki populasi pesisir sebesar 187,2 juta yang setiap tahunnya menghasilkan 3,22 juta ton sampah plastik yang tak terkelola dengan baik. Sekitar 0,48-1,29 juta ton dari sampah plastik tersebut mencemari lautan


Sumber : Cnbcindonesia.com


Selain membawa botol minum sendiri, ada banyak hal yang bisa kita lakukan seperti mengurangi pemakaian sedotan, bawa tas belanjaan sendiri, pilah sampah yang bisa didaur uland, dan lainnya. Nah, jika terasa berat, yuk kuta mulai dari hal sederhana yakni mebawa botol sendiri. Mungkin terkesan ribet , tapi ternyata dengan menerapakan kebiasaan membawa botol sendiri saat bepergian ternyata banyak sekali loh manfaatnya, berikut beberapa manfaatnya: 


POLUSI SAMPAH PLASTIK BERKURANG


Seperti yang saya jelaskan diatas, bahwa negara Indonesia penghasil sampah plastik berton-ton tiap tahunnya yang pastinya mencemari lingkungan kita. Ini karena sifat plastik yang susah terurai di alam. Kita memang gak bisa menghindari plastik di kehidupan sehari-hari, tapi setidaknya kita bisa mengurangi konsumsi plastik. Salah satu caranya adalah dengan membawa botol minum sendiri saat bepergian ke luar rumah.


Dengan membawa botol sendiri, kita bisa menghindari membeli botol minum kemasan sekali pakai yang banyak dijual di warung-warung. Kita hanya perlu minum dari botol sendiiri yang bisa dipakai berulang kali. Jika kita konsisten melakukannya, coba bayangkan berapa banyak sampah botol plastik yang bisa kita kurangi.



HEMAT


Nah ini yang saya rasakan disini. Di Singapore itu serba mahal, tidak terkecuali Air Mineral, botol kecil saja kemasan 500ml saya harus mengeluarkan $2 atau sekitar Rp. 22.000, Namun walaupun di Indonesia Air mineral tergolong murah, akan tetapi kita masih bisa menghemat budget, sebagai ilustrasi, setiap hari kita harus merogoh kocek sebesar Rp 3 ribu untuk membeli satu botol air, maka dalam sebulan kamu akan menghabiskan sebesar Rp90 ribu. Kalau dikalikan jadi setahun, kebutuhan kamu untuk membeli air kemasan bisa mencapai Rp1 juta lebih. Tentu nominal tersebut tidak kecil jika ditotalin dalam setahun, yang dimana kita masih bisa mengalokasikan dana tersebut untuk kepentingan lainnya, terlebih kita bisa menghemat pengeluaran ini dengan merebus air sendiri, murahkan?!.



MENYEHATKAN


Kalau kita bawa botol minum sendiri, pastinya kita bisa minum kapan saja dong sesuai kebutuhan. Terutama saat kita sedang haus, ini akan sangat berguna, kita tak perlu sibuk cari tempar penjual minuman dan kita pun akan terhindar dari dehidrasi. 


Berbagai jenis minuman yang dijual diluaran sana memang menggiurkan. Mulai dari iklan yang menarik. Tampilan kemasan yang unik membuat siapa saja tertarik untuk mencoba membelinya. Namun apakah anda bisa menjamin bahwa minuman tersebut aman bagi kesehatan Lain hal jika membawa minuman sendiri dari rumah. kita tau proses membuatnya, alat masaknya anda bisa memastikan kebersihannya sehingga tak perlu lagi merasa was – was memikirkan minuman tersebut higienis dan sehat atau tidak.


Dengan membawa botol minum sendiri, pastinya kita bisa memonitor jumlah air yang kita minum setiap harinya. Tentu kita tahu bahwa konsumsi air harian harus cukup banyak agar metabolisme tubuh lancar. Dengan membawa botol sendiri, kita bisa tahu berapa kali mengisi air untuk minum setiap harinya. Kalau konsumsi airmu masih kurang, tentu kitaharus menambahnya lagi.


Dikutip dari laman healthline.com dan medicalnewstoday.com  berikut ini beberapa manfaat minum air putih yang perlu kita ingat kembali untuk bisa mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat.

  1. Melancarkan sistem pencernaan dan mencegah batu ginjal.
  2. Meningkatkan kinerja otak dan energi.
  3. Melumasi sendi dan otot agar lebih rileks.
  4. Menjaga kesehatan kulit dan menurunkan berat badan.
  5. Meningkatkan dan memperkuat sistem imun pada tubuh.

Yuk, mulai sekarang kita membawa bekal botol air minum, jika kita konsisten maka akan menjadi habit, yang pastinya habit yang baik dong, terlebih kita sudah tahu bahwa ada banyak manfaatnya